Resep Membuat Bakso Daging Ayam Yang Enak Dan Kenyal

Resep Membuat Bakso Daging Ayam Yang Enak Dan Kenyal
Pada mulanya bakso umumnya dibuat dari daging sapi sebagai bahan utamanya, tetapi seiring dengan perkembangan zaman dan inovasi para penyuka kuliner,  saat ini sudah dikenal bakso ayam. Alasan yang pertama dikarenakan daging sapi yang harganya terlalu mahal, dan alasan yang kedua kemungkinan dari salah satu anggota keluarga memang tidak menyukai daging sapi sehingga dicoba untuk membuat bakso yang terbuat dari daging ayam yang tidak kalah nikmat dibanding dengan daging sapi. Membuat bakso daging ayam memiliki dasar yang hampir sama dengaan membuat bakso daging sapi, perbedaan hanya terletak pada penyesuian tekstur daging ayam. Jika anda sudah terbiasa dan mahir membuat bakso sapi dijamin tidak akan menemukan kesulitan daalam membuat bakso ayam ini. Untuk lebih lanjut bagi yang ingin langsung mencoba persiapkan terlebih dahulu peralatan masaknya, bahan dan ikuti cara membuat bakso ayam dan kuahnya sebagai berikut.

"Resep Membuat Bakso Daging Ayam Yang Enak Dan Kenyal"

Baca juga:

Bahan-bahan membuat bakso daging ayam
1 kg daging ayam yang sudah terpisah dari tulangnya
1 ons tepung kanji(untuk perekat)
Es secukupnya

Bumbu membuat bakso daging ayam
1 genggam bawang putih yang sudah dikupas
2 sendok bawang merah yang sudah digoreng
1 sendok teh MSG
1 royko daging sapi
¼ ons gula merah
½ sendok teh merica bubuk
1 saset kecap (agar warna menjadi coklat)
1 butir telor

Cara membuat bakso daging ayam
Daging ayam yang sudah dipisahkan dari tulang diiris kecil dan digiling dengan bumbu yang telah disiapkan diatas(proses penggilingan dua kali giling kasar dan giling halus).
Setelah daging sudah menjadi adonan daging(campuran daging, bumbu dan kanji)masukkan dalam wadah bisa berupa baskom besar untuk diuleni hingga kalis.
Kemudian siapkan air hangat dalam panci di depan kompor sambil kita cetak bulatannyaa menggunakan ssendok dan tangan dengan cara meremas seperti membuat bulatan.
Setelah semua adonan menjadi bulatan bakso, masukkan kedalam panci air panas tadi,didihkan bulatan bakso sambil diaduk agar bakso tidak pecah.
Setelah mendidih angkat bakso dan dinginkan dengan meletakkan pada wadah yang besar seperti tampah untukk mempercepat pendinginan gunakan kipas angin.
Bakso telah jadi dan bisa juga anda gunakan untuk membuat berbagai masakan, bisa juga anda simpan dalam frezer dengan memasukkan terlebih dahulu dalam kantong plastik es kemudian ikat kuat untuk mencegah bau.

Cara membuat kuah bakso daging ayam
Bumbu kuah
3 genggam bawang putih kupas
1 genggam bawang merah kupas
1 genggam daun bawang diiris ambil bagian bawah yang putih
2 sendok teh merica bubuk
1 biji pala

Cara membuat kuahnya
Bumbu kuah diatas masukkan dalam blender haluskan,kemudian sangrai/goreng hingga matang warna kecoklatan
Sambil menunggu siapkan tulang kaki sapi 2 buah untuk menambah cita rasa kuah(kalau ada), masukkan dalam panci berisi air panan didihkan kurang lebih 3 jammakin lama makin keluar kaldunya
Tambahkan air hingga panci 3/4 penuh
Masukkan bumbu kuah bakso kedalam panci tulangan tadi, selesai tinggal menambah gula, garam, dan vetsin secukupnya

Bakso daging ayam yang lezat dan nikmat siap disajikan